Ketika anda menjadi konsumen, sebuah kesalahan dalam membeli barang, semurah apapun harganya adalah hal yang menyakitkan. Bagaimana jika barang yang anda beli berharga tinggi, menjadi harapan akan meningkatnya produktivitas, efisiensi dan efektifitas ditempat usaha ternyata jauh dari harapan dan keinginan? Tentu tidak hanya menjadi hal yang menyakitkan tapi juga merugikan dan dalam skala yang lebih besar bisa membahayakan kelangsungan usaha anda. Uraian ini kami sampaikan sebagai bagian dari perhatian kami kepada para calon konsumen yang sebagian besar belum mengenal banyak tentang lift barang atau bisa juga disebut sebagai cargo lift, freight elevator dan banyak istilah lainnya.

Ada berbagai macam bentuk kesalahan konsumen dalam membeli lift tipe ini. Kesalahan yang umum terjadi diantaranya yaitu spesifikasi lift yang dibeli yang mana karena pengguna kurang cermat dalam menghitung flow atau arus barang yang diangkut per harinya serta berat beban maksimal yang pernah atau akan diangkut nantinya. Jika spesifikasi terlalu tinggi yang mana ini mempengaruhi dimensi atau ukuran kerugian hanya pada selisih harga dimana anda membayar untuk sesuatu yang sia-sia dan berkurangnya ruang usaha anda. Jika spesifikasi yang terlalu rendah, maka anda selaku pelaku usaha tentu tahu bahwa produktivitas yang diperoleh dari investasi lift ini tidak akan maksimal.

Kesalahan selanjutnya adalah kurangnya pengetahuan tentang sistem keamanan lift barang. Faktanya memang bahwa sistem keamanan lift barang ini jauh lebih sederhana dari jenis lift passanger (penumpang). Akan tetapi tentang sistem keamanan ini tetap hal krusial yang harus dipahami para konsumen atau pengguna. Gambar dibawah ini adalah lift salah satu klien dari perusahaan kami yang meminta keada kami untuk memperbaiki sistem keamanan lift mereka.

Kerusakan lift akibat mengabaikan sistem pengaman

Beberapa kontraktor menawarkan harga yang menarik pada para calon konsumen dengan mengurangi beberapa fitur penting keamanan yang harganya memang agak mahal. Namun apa jadinya jika karena karena mengutamakan beberapa juta rupiah menyebabkan kegiatan usaha anda terhambat karena rusaknya lift anda.

Kami sangat memahami mengapa hal tersebut, untuk itu mengetahui secara singkat dari 5 hal berikut ini bisa menjadi bekal anda dalam membeli lift barang.

Cara kerja
Kami tidak akan menjelaskan detail cara kerja lift, karena akan terlalu panjang jika disampaikan disini. Skema sistem kerjanya bisa dilihat di gambar dibawah ini. Simpel bukan? Ya benar sekali, berbeda jauh dengan tipe yang lain. Sebuah sangkar yang di tarik dengan tali (seling) selanjutnya tali digulung atau diuraikan di drum oleh sebuah motor listrik yang lengkapi dengan sebuah gearbox untuk menaikkan torsinya. Mengapa anda perlu mengetahui ini? Ya agar anda tahu komponen utama dari sebuah lift barang yang yang selanjutnya perlu anda tahu dengan jelas tipe dan spesifikasinya dari kontraktor anda.

Sistem Keamanan
Ada beberapa komponen pengaman yang wajib ada didalam sebuah lift barang. Agar lebih jelas perhatikan gambar dibawah ini.

Fungsi dari komponen tersebut yaitu,

1.  Menjaga agar sangkar tidak langsung jatuh ketika rope atau seling putus

2. Lift tidak bisa dijalankan ketika pintu masih terbuka

Lift tetap berfungsi meskipun anda mengurangi komponen tersebut agar memperoleh harga yang lebih murah dan anda siap dengan segala resikonya.

Spesifikasi
Sangat banyak variable yang membedakan spesifikasi lift. Yang perlu anda ketahui dengan jelas yaitu, Jumlah beban maksimal, rata-rata arus lalu lintas barang yang anda angkut, jumlah lantai yang dituju, total ketinggian lintasan, ukuran sangkar, type dan reputasi merk hoist motor penggerak, Rail dan sistem pengaman yang dipasang. Sampaikan dengan jelas kebutuhan dan data anda kepada kontraktor selanjutnya anda berhak meminta pula kejelasan dari spesifikasi lift barang yang mereka tawarkan.

Memilih Kontraktor
Berikut ini bisa anda jadikan referensi dalam memilih kontraktor lift. kontraktor yang baik yaitu kontraktor yang dengan jelas memberikan informasi tentang produk yang dibutuhkan calon konsumen, mudah dihubungi baik secara fisik ( kantor yang jelas) maupun via telpon, mempunyai track record / reputasi yang baik, serta memberikan kepastian garansi ( layanan after sales). Uraian lengkap mengenai hal ini bisa anda baca di halaman Tips memilih kontraktor.

Harga
Harga lift barang sangat bervariasi dan tergantung spesifiksi. Beberapa kontraktor memberikan harga berdasarkan jumlah beban maksimal dan jumlah lantai. Informasi harga juga bisa anda peroleh dari toko online yang ada. Jika anda bertanya, sesuaikah harga lift barang yang tergolong tinggi ini sesuai dengan manfaat yang besar pula nantinya? agar tidak terlalu panjang uraian di halaman ini, kami sampaikan perihal harga  di halaman ini.

Membeli lift barang ini tak ubahnya seperti membeli sebuah handphone. Penampilan fisik sekilas bisa jadi tampak sama tapi harga jauh berbeda. Dengan berbekal uraian singkat kami ini, setidaknya anda mempunyai pegangan untuk menimbang-nimbang lift barang seperti apa yang sesuai untuk usaha anda dan sesuai pula harganya sehingga kasus salah beli tidak terjadi terjadi pada anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *